RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB 1
Sekolah : SMPN/S
Mata Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/1
Tema : Proses
Perumusan dan Penetapan Pancasila
Sebagai Dasar Negara
Tahun Ajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan ( 3 x 5 JP
= 15 JP)
A. Kompetensi
Inti
No
|
Kompetensi Inti :
|
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.1
Mensyukuri proses perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
1.1.1
Bersyukur
atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1.2
Bersyukur
memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan
negara.
|
2.1 Menghargai
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
2.1.1
Berperilaku
peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para pendiri negara.
2.1.2
Berani berperan
/ mensimulasikan sebagai pendiri negara.
|
3.1 Menganalis
proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
3.1.1
Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam
Sidang BPUPKI.
3.1.2
Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi
Pancasila.
3.1.3
Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia
Sembilan.
3.1.4
Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.1.5
Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
4.1 Menyaji
hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
4.1.1
Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar
Negara
4.1.2
Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar
Negara.
4.1.3
Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para
pendiri Negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.4
Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan
Pancasila sebagai dasar Negara.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
Ø
Memahami
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI.
Pertemuan Kedua
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
Ø
Menganalisis pendapat para pendiri negara tentang isi
Pancasila.
Pertemuan Ketiga
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
Ø
Mengidentifikasi
perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan
Pertemuan Keempat
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
Ø
Menganalisis
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
Pertemuan Kelima
Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini siswa diharapkan dapat
Ø
Membuat laporan hasil telaah perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
Ø
Mendeskripsikan
hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Fokus nilai-nilai sikap
1.
Religius
2.
Kesantunan
3.
Tanggung
jawab
4.
Kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi
pembelajaran regular
Ø Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
·
Pembentukan
BPUPKI
·
Perumusan
Dasar Negara
Ø Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Ø Semangat Pendiri
Negara Dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila Sebagai Dasar Negara
·
Nilai
semangat Pendiri Bangsa
·
Komitmen para
Pendiri Negara dalam Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2.
Materi pembelajaran
remedial
Ø
Penetapan Pancasila
Sebagai Dasar Negara
3.
Materi pembelajaran
pengayaan
Ø
Buatlah biodata lengkap panitia Sembilan pembentukan BPUPKI
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.
Metode Pembelajaran : Ceramah, Diskusi
F.
Media
Pembelajaran
1.
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
2.
lembar penilaian
3.
Bahan tayang
G. Sumber Belajar :
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4.
Sumber
relevan lainnya
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Pada
Kelas VI
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
“Apa yang kalian pikirkan
tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar
kerja
Ø pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang : Perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Mengapa ada orang Jepang
menjadi anggota BPUPKI?
Ø Apa hubungan kekalahan Jepang
dengan pembentukan BPUPKI?
Ø Apa hubungan asal daerah anggota
BPUPKI dengan keterwakilan rakyat Indonesia?
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati dan
memahami artikel Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan
sungguh-sungguh
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara yang
dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan
informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi
yang diperoleh tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara seperti melakukan aktivitas
berikut
Ø mendownload artikel Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara yang yang lain di internet
v Saling
tukar informasi tentang : Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan : Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Perumusan Dasar Negara
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Perumusan Dasar Negara dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang Perumusan Dasar
Negara
“Apa yang kalian pikirkan
tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar
kerja
Ø pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Perumusan Dasar Negara
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Perumusan Dasar Negara, untuk melatih kesungguhan, ketelitian,
mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang : Perumusan Dasar Negara
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Siapa tokoh yang mengusulkan
Dasar Negara?
Ø Bagaimana rumusan Dasar
Negara yang diusulkan?
Ø Apa perbedaan dan persamaan
rumusan Dasar Negara yang diusulkan?
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati dan
memahami artikel Perumusan Dasar Negara
dengan
sungguh-sungguh
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Perumusan Dasar Negara yang dapat
diperoleh di internet
v Mengumpulkan
informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi
yang diperoleh tentang Perumusan Dasar Negara
Ø mendownload artikel Perumusan Dasar Negara yang lain di
internet
Ø Melakukan Aktivitas yang sesuai
dengan buku guru dan buku siswa seperti
v Saling
tukar informasi tentang : Perumusan Dasar Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Perumusan Dasar Negara
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Perumusan Dasar Negara
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Perumusan Dasar Negara
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai Perumusan
Dasar Negara Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan : Perumusan Dasar Negara,
antara lain dengan :
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Perumusan
Dasar Negara
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Perumusan Dasar Negara oleh
BPUPKI dan Panitia Sembilan
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan dengan
cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan
“Apa yang kalian pikirkan
tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar
kerja
Ø pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
v materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan
v Mendengar
v pemberian
materi oleh guru tentang Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan,
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang : Perumusan
Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa manfaat UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 bagi warga negara serta bangsa dan negara?
Ø Apa akibat bagi warga negara
dan bangsa negara, apabila Indonesia tidak memiliki UUD??
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati dan
memahami artikel tentang Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan dengan
sungguh-sungguh
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan yang
dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan
informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi
yang diperoleh tentang Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan
Ø mendownload artikel Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan yang lain di internet
Ø Peserta didik diminta melakukan
aktivitas sesuai dengan buku siswa dan buku guru seperti
v Saling
tukar informasi tentang : Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia Sembilan Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan : Perumusan Dasar Negara oleh BPUPKI dan Panitia
Sembilan, antara lain dengan :
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
4.
Pertemuan Ke-4 ( 3 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Perumusan
Dasar Negara Oleh
BPUPKI dan Panitia Sembilan
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Penetapan Pancasila sebagai Dasar
Negara
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
“Apa yang kalian pikirkan
tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar
kerja
Ø pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
v materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mendengar
v pemberian
materi oleh guru tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang : Penetapan
Pancasila sebagai Dasar Negara
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Siapakah Ketua dan wakil
ketua PPKI ?
Ø Berapa orang kah anggota PPKI
?
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati dan
memahami artikel Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan
sungguh-sungguh
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
yang dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan
informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi
yang diperoleh tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar
Ø mendownload artikel Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara yang lain di internet
Ø Peserta didik diminta melakukan
aktivitas sesuai dengan buku siswa dan buku guru seperti
v Saling
tukar informasi tentang : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara, antara lain dengan :
|
|
90
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
4.
Pertemuan Ke-4 ( 3 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Perumusan
Dasar Negara
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Penetapan Pancasila sebagai
Dasar Negara
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
“Apa yang kalian pikirkan
tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar
kerja
Ø pemberian
contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
v materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mendengar
v pemberian
materi oleh guru tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara, untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang : Penetapan
Pancasila sebagai Dasar Negara
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Siapakah Ketua dan wakil
ketua PPKI ?
Ø Berapa orang kah anggota PPKI
?
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati dan
memahami artikel Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan
sungguh-sungguh
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
yang dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan
informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi
yang diperoleh tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar
Ø mendownload artikel Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara yang lain di internet
Ø Peserta didik diminta melakukan
aktivitas sesuai dengan buku siswa dan buku guru seperti
v Saling
tukar informasi tentang : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik
dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan : Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara, antara lain dengan :
|
|
90
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
5.
Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40
menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Penetapan
Pancasila sebagai Dasar Negara
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi tema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang: Semangat Pendiri Negara dalam
Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila
sebagai Dasar Negara dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto tentang Semangat Pendiri
Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
“Apa yang kalian pikirkan
tentang foto/gambar tersebut?”
v Mengamati
Ø lembar
kerja
Ø pemberian
contoh-contoh materi Semangat
Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar
Negara untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
v Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
v materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan
Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mendengar
v pemberian
materi oleh guru tentang Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan
Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila
sebagai Dasar Negara, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan
tentang : Semangat Pendiri Negara
dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa semangat dan komitmen
yang dimiliki para tokoh perumus Dasar Negara?
Ø Apa semangat dan komitmen
yang menjiwai sidang BPUPKI dalam merumuskan Dasar Negara?
Ø Apa semangat dan komitmen
yang menjiwai sidang PPKI dalam menetapkan Dasar Negara?
Ø Bagaimana tugas generasi muda
terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara?
Ø Bagaimana cara mempertahankan
Pancasila sebagai Dasar Negara?
Ø Bagaimana mewujudkan semangat
dan komitmen para pendiri negara pada saat ini?
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati dan
memahami artikel tentang Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan
Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara dengan
sungguh-sungguh
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium computer sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang Semangat
Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar
Negara yang dapat diperoleh di internet
v Mengumpulkan
informasi
Ø menulis pada buku catatan informasi
yang diperoleh tentang Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan
Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
Ø mendownload artikel Semangat Pendiri
Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara yang
lain di internet
Ø Peserta didik diminta melakukan
aktivitas sesuai dengan buku siswa dan buku guru seperti
v Saling
tukar informasi tentang : Semangat
Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar
Negara dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang : Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila
sebagai Dasar Negara
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang Semangat
Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar
Negara
v Menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan
dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan
beberapa soal mengenai Semangat
Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila sebagai Dasar
Negara Negara Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan : Semangat Pendiri Negara dalam Merumuskan dan Menetapkan Pancasila
sebagai Dasar Negara, antara
lain dengan :
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai
pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
15
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap (Spiritual dan Sosial)
1)
Observasi (jurnal)
2)
Penilaian diri
3)
Penilaian antarteman
b.
Pengetahuan
1)
Ter tertulis
c.
Keterampilan
1)
Kinerja
2.
Instrumen Penilaian
Ø Terlampir
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial dapat
diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi
semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø
Penetapan Pancasila
Sebagai Dasar Negara
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat
ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya:
Ø
Buatlah biodata
lengkap panitia Sembilan pembentukan
BPUPKI
………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMP N/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment